Tuhan menciptakan kelebihan dan kekurangan secara bersamaan

January 12, 2009

Dua hari kemaren aku sempat melihat beberapa orang yang membuat aku mengucap Subhanalloh.

* Yang pertama yaitu seorang anak kecil yang di balik kekurang nya dia memiliki kelebihan jauh lebih banyak di bandingkan dengan kekurangan yang dia miliki.

Ya anak itu bernama Dewo umurnya sekitar 5 tahun. Aku melihatnya di salah satu acara di stasiun TV swasta.

Sekilas jika aku lihat, anak itu seperti anak yang idiot (maaf..) tapi setelah aku simak di sini lah aku mulai kagum padanya. Sehingga apa yang jadi kekurangan dia tidak tampak sama sekali.

Dia berkomunikasi dengan menggunakan alat bantu berupa susunan huruf abjad yang di cetak di atas sebuah kertas dengan cara dia menunjuk satu persatu huruf itu hingga bisa menyusun sebuah kata atau kalimat.  Subhanalloh anak umur 5 tahun sudah hafal susunan huruf. Dan yang paling membuatku terkesima yaitu dia sudah bisa membuat sebuah buku dan ada banyak koleksi puisi ciptaan dia. Dia bisa berkomunikasi dengan menggunakan beberapa bahasa (Jepang, Jerman, dll) dan dia juga bisa menilai orang itu baik atau tidak dengan sekali bertemu.

Kenapa Dewo suka sama Debo (salah satu peserta acara itu) ?? (tanya presenter acara tersebut ke Dewo) Dia menyanyi dengan hati..(jawab Dewo)”

Wow anak sekecil itu bisa mengartikan expresi hati seseorang. Yang kita tau anak seumur itu hanya tau hal – hal yang kecil dan baru mulai belajar ini itu tapi dia sudah jauh di depan anak seumurannya. Subhanalloh.

* Yang kedua yaitu seorang laki – laki paruh baya yang aku temui di angkutan umum (angkot).

Dia naik dan kemudia duduk tepat di sebelah ku. Awalnya aku tidak tau kalau dia itu ada gangguan pada matanya alias buta (maaf sekali lg…).

Aku bingung bagaimana dia tau  kapan dia harus bilang kiri pada supir ketika tujuan nya telah sampai ???  Lalu bagaimana dia tau kalau uang yang dia pegang untuk ongkos itu benar berjumlah Rp. 3.000,00 dalam pecahan Rp. 1.000,00 ?? dan yang paling buat aku bingung, bagaimana dia dapat menyusuri jalan yang dia lalui tanpa takut untuk jatuh ke lubang padahal dia tidak memakai tongkat ??

Subhanalloh, aku masih tidak bisa membayangkan nya. Ternyata dia lebih sensitif dan lebih peka, hati dan perasaan nya.

Dari sini kita bisa berfikir ternyata Tuhan menciptakan kekurangan dan kelebihan dalam waktu yang bersamaan.

Kita juga bisa seperti mereka, apa yang jadi kekurangan kita bisa kita tutupin dengan menonjolkan kelebihan kita (yang positif tentunya). Mengapa kita yang telah di ciptakan sempurna secara fisik tetapi kita cacat secara mental hanya karena kita tidak PD (karena kurang cantik, kurang pintar, kurang kaya, dll) ??

Seharusnya kita bisa belajar dari mereka (dewo & orang buta tadi). Mereka tidak malu dengan kekurangan mereka. Mereka sadar bahwa karena mereka kurang di fisik tapi mereka tonjolkan kelebihan pada mental dan batin.

Mulai sekarang gali apa yang ada di diri kita. Apa yang menjadi kelebihan kita & apa yang menjadi kekurangan kita. Dan kemudian kelebihan tadi kita olah sedemikian rupa hingga menjadi sesuatu yang bisa menutupi kekurangan kita.

Dan ingat “Tuhan menciptakan kita tidak ada yang sempurna karena kesempurna an itu sendiri hanya milik Tuhan”

***

One Response to “Tuhan menciptakan kelebihan dan kekurangan secara bersamaan”


  1. Waw…cerita yang insipiratif…tak ada ciptaan Sang Pencipta yang sia-sia…maka nikmat Tuhan yang manakah yang kita dustakan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s